Mengenal Buku Monograf

Mengenal Buku Monograf

Apa itu Monograf?

Taukah anda bahwa media publikasi hasil penelitian tidak hanya dalam bentuk Jurnal Ilmiah saja, tetapi terdapat media publikasi lain yang bisa dimanfaatkan sebagai media diseminasi atau luaran penelitian. Media publikasi tersebut yaitu dalam bentuk buku monograf. 

Monograf adalah suatu risalah pada satu subjek atau bagian dari subjek, atau risalah seseorang, biasanya sangat terinci tetapi dalam ruang lingkup yang tidak terlalu luas. Dengan kata lain, substansi pembahasan pada Buku monograf merupakan tulisan ilmiah yang pembahasannya hanya pada satu topik dalam satu bidang ilmu kompetensi penulis. selanjutnya sistematika substansi pembahasan teridri dari bagian-bagian atau mengandung bagian anatara lain: rumusan masalah yang mengandung nilai kebaharuan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap, jelas, serta simpulan dan Daftar Pustaka (Modul Pengelolaan Berseri, UT).

Dari segi kemanfaatan atau tujuan publikasi, Buku monograf juga dapat dipergunakan untuk pegangan materi pembelajaran. Jadi, buku jenis monograf juga dapat digunakan sebagai buku pegangan mahasiswa. Hanya saja, masih membutuhkan bimbingan dari dosen. Monograp juga dapat digunakan sebagai buku referensi dosen/peneliti untuk melakukan penelitian.

Manfaat PAK bagi dosen

Menurut tim Penilaian Angka Kredit (PAK) dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti/DIKTI), monograf mempunyai nilai kredit 20-25 (maksimal). Cukup besar untuk sebuah komponen penilaian, karena lebih besar dari pada nilai di jurnal tidak terakreditasi (cuma 10). Dan bagi editor/penyunting mendapatkan penilian sebesar 10.

Struktur monograf

Pada dasarnya tidak ada ketentuan berapa jumlah bab dalam suatu monograf. Namun setidaknya setidaknya harus memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Latar belakang, Rumusan masalah, Tujuan (Masuk dalam konten pendahuluan)
  2. Tinjauan Pustaka,
  3. Hasil dan Pembahasan
  4. Daftar pustaka

Sumber bahan menulis monogaraf

  1. Tesis
  2. Disertasi
  3. Skrifsi mahasiswa juga bisa loh, terus bagaimana kira-kira etika publikasinya?
  4. Hasil Riset Lainnya

Publication Ethic: Hasil Penelitian Bersama dan Hasil Penelitian Mahasiswa

Untuk tulisan yang merupakan hasil penelitian bersama, maka jika akan dituliskan menjadi monograf harus mendapat persetujuan (tertulis diatas materei) dari tim peneliti lainnya. Untuk penelitian yang melibatkan mahasiswa, jika merupakan bagian dari penelitian dosen maka dosen bisa mengklaim sebagai penelitiannya.

Namun jika penelitian mahasiswa bukan merupakan bagian dari/disponsori oleh dosennya maka secara etika dosen tidak bisa mengklain penelitian tersebut.

Syarat publikasi monograf

Syarat publikasi monograf harus diterbitkan dan disebarkan. Penerbitan monograf harus diterbitkan di penerbit yang memiliki ISBN. Solusi yang tepat mencari penerbit ber-ISBN ada di penerbit Wdina. Selain ber-ISBN buku Anda juga akan dibantu dipasarkan. Tidak hanya itu, penulis akan memperoleh sertifikat penulis buku, dari segi pelayanan pun cepat, fleksibel dan professional. Adapun terkait dengan kontennya, DIKTI juga mensyaratkan jumlah halaman minimal monograf adalah 40 halaman ukuran setengah F4 (15×23 cm), dengan spasi 1.15.

Susunan Monograf

  • Judul Monograf
  • Pendahuluan
  • Rumusan Masalah (ada novelty)
  • Tujuan Penelitian
  • Metodologi (Pemecahan Masalah)
  • Teori Mutakhir (Tinjauan Pustaka)
  • Pembahasan
  • Simpulan
  • Daftar Pustaka

References:

  1. Materi ceramah “Tips dan Trik Penulisan Monograf”, oleh Prof. Agus Setyo Muntohar, Ph.D. UMY. 2018
  2. Inkubasi Buku Monograp LPPM Unsoed 2018
  3. Modul Pengelolaan Berseri, Universitas Terbuka
Contoh Monograf
Previous slide
Next slide