PENERBIT WIDINA KEMBANGKAN BUKU DIGITAL AUGMENTED REALITY BERSAMA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Program peningkatan literasi numerasi sudah berjalan di beberapa sekolah dasar di Indonesia, namun pelaksanaannya mengalami berbagai hambatan seperti rendahnya motivasi siswa, terbatasnya sumber bacaan, kesulitan siswa mengakses sumber bacaan non digital, minimnya sumber bacaan digital. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, dibutuhkan media pembelajaran  penguatan literasi numerasi yang proaktif dan inovatif yang mengintegrasikan pembelajaran yang kreatif.

Oleh karena itu, penerbit widina selaku pelaku industri (DUDI) yang konsen pada pengembangan literasi menjajaki kerjasama dengan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari dosen Prodi PGSD dan dosen Prodi MP untuk menghasilkan beberapa karya dalam bentuk konten media digital khususnya dalam pembelajaran di SD.

Program kerjasama ini juga melibatkan kemendikbud melalui program matching fund yang diselenggarakan melalui Platform Kedaireka Kampus Merdeka (selanjutnya disebut “Kedaireka”). Platform kedai reka merupakan sebuah platform yang disediakan, dikelola, dan dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Tujuan pengembangan flipbook literasi numerasi berbasis augmented reality ini yaitu: 1) bagi penerbit, rogram ini menjadi kesempatan dalam mengembangkan flipbook literasi numerasi berbasis augmented reality dalam optimalisasi digital library di sekolah dasar, terwujudnya kerjasama aktif dan saling menguntungkan antara mitra DUDI dengan PT, serta meningkatkan kapasitas bisnis dan scale up; 2) bagi Perguruan Tinggi program ini dapat menjadi wadah dalam mengimplentasikan bidang keilmuan dosen dan mahasiswa bersama dengan Mitra DUDI, terjalin kerjasama proaktif dan kolaboratif dengan mitra, membantu permasalahan mitra dalam menciptakan program pengembangan yang dapat bermanfaat bagi khalayak umum; 3) bagi sekolah (guru dan siswa) program ini memberikan alternatif media untuk menunjang proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih aktif, kreatif dan menyenangkan. 

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *