STRATEGI MENGUBAH HASIL PENELITIAN MENJADI BUKU

Setelah berhasil menyelesaikan aktivitas penelitian, seorang peneliti memiliki tanggung jawab moril agar hasil penelitian tersebut dapat dibaca dan bermanfaat bagi khalayak, salah satu alternatif media yang bisa digunakan adalah menjadikan hasil penelitian tersebut menjadi sebuah buku. Tentu buku yang dimaksud di sini adalah buku yang bersifat populer dengan gaya penyajian ringan dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh khalayak umum.

Tentu hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan, diperlukan kemampuan dan pengetahuan yang cukup agar hasil penelitian dapat di konversi dengan optimal dan tetap berkualitas, berikut sejumlah ulasan penting yang bisa dijadikan patokan bagi peneliti untuk mengubah hasil penelitiannya menjadi buku populer:

1. Menentukan Judul yang Menarik
Judul yang menarik harus dapat menarik perhatian pembaca, memberikan gambaran tentang isi buku, dan mudah diingat. Judul harus mudah dipahami oleh pembaca umum namun tetap menjaga kedalaman ilmiah dari penelitian.

2. Menulis Dalam Gaya Bahasa yang Menarik
Mengubah gaya bahasa yang kaku dan formal menjadi bahasa yang lebih ramah pembaca dapat membantu buku menjadi lebih mudah dipahami dan menyenangkan untuk dibaca. Bahasa yang mudah dimengerti dapat membantu membawa ide-ide kompleks.

3. Menggunakan Ilustrasi Gambar
Menggunakan ilustrasi atau gambar dapat membantu membawa konsep dan ide-ide yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami. Pilihlah gambar yang dapat menggambarkan ide atau konsep dengan jelas dan mudah dipahami.

4. Memberikan Contoh Konkrit
Memberikan contoh konkrit bisa membantu pembaca memahami konsep abstrak. Dapatkan contoh dari pengalaman langsung, penelitian yang relevan atau pengamatan yang dapat membantu pembaca membayangkan konsep yang kompleks.

5. Memberikan Ringkasan
Memberikan ringkasan dari setiap bab atau dari seluruh buku membantu pembaca memahami dengan mudah dan cepat mengenai isi buku. Pembaca akan lebih mudah memahami kesimpulan utama dari penelitian.

6. Memperlihatkan Kegunaan dari Penelitian
Menggambarkan nilai dari penelitian dan bagaimana penelitian dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pembaca sangat penting. Setiap pembaca ingin membaca buku yang praktis dan dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari.

7. Mempertimbangkan Pasar Pembaca
Mempertimbangkan pasar pembaca juga sangat penting untuk memperoleh keberhasilan buku populer. Tujuan dari buku populer adalah untuk menyampaikan ilmu pengetahuan secara mudah dan menghibur bagi pembaca umum, jadi pastikan buku teks cocok dengan grup pembaca yang dituju.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, konversi hasil penelitian menjadi buku populer bisa dilakukan. Pastikan buku mudah dipahami dan menghibur. Buku yang baik harus memenuhi harapan pembaca dan bahkan berguna bagi mereka dalam kehidupan sehari-hari.