Tips Konversi KTI Menjadi Buku Ilmiah Popuer

Tips Konversi KTI Menjadi Buku Ilmiah Populer

Pada kesempatan kali ini sy akan sharing materi terkait tips bagaimana caranya konversi KTI (Skrifsi-Disertasi, Laporan penelitian, dll) menjadi Buku Ilmiah Populer.

Sebelum kepada best practice, Pertama saya ingin terlebih dahulu memulai diskusi dengan sebuah pertanyaan mendasar tekaitĀ  “Apa sih manfaat dan kegunaan KTI”? Tentu jawaban pada umumnya adalah hanya terbatas dalam rangka memenuhi persyaratan dan keperluan administratif saja bukan? misalkan bagi yang sedang kuliah S1, S2 atau S3 Tujuannya semata hanya untuk memenuhi prasyarat agar dapat lulus dan mendapatkan gelar, selebihnya jika sudah disidangkan atau telah dilakukan penilaian, KTI sudah pasti dibiarkan tergeletak begitu saja di rak Perpustakaan atau bahkan di gudang.

Padahal, jika kita mengingat perjuangan untuk membuat dan menyelesaikan KTI tersebut, tentu tidak sedikit pengorbanan yang harus dikeluarkan, entah itu materi, waktu, atau bahkan psikis. Bahkan untuk sebagian orang ada yang menyelesaikan KTI sampai menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Lantas dengan perjuangan yang begitu berat dan panjang tersebut, apakah rela jika hasil perjuaangan tersebut hanya berakhir di rak perpustakaan saja? dan tentu tidak bisa bermanfaat bagi khalayak yang lebih luas!!

Yang lebih penting adalah muatan data dan temuan-temuan yang terdapat dalam sebuah KTI sudah barang tentu merupakan sebuah rangkaian informasi penting dan dapat bermanfaat bagi pemecahan persoalan faktual yang sedang dihadapi di lapangan.

Tentu sangat disayangkan apabila informasi dan data penting tersebut hanya tergeletak begitu di perpustakaan dan tidak bisa tersampaikan kepada masyarakat luas, terlebih dapat dinikamati oleh masyaraka luas sebagai rujukan yang dapat memberikan solusi nyata.

Lantas bagaimana caranya? tentu memang tidak mudah untuk dapat mengkoversi KTI menjadi sebuah buku yang yang cenderung memiliki bahas yang lebih populer dan lebih universal, berbeda dengan ciri khas KTI yang memiliki bahas kaku dan cenderung hanya dapat dibaca untuk kalangan tertentu saja.

Artinya, proses konversi KTI disni bukan hanya sekedar merubah layout dan cover saja, melainkan ada beberapa upaya untuk me remark ulang seluruh sajian materi yang terdapat didalam KTI, menjadi sebuah sajian yang lebih ringan dan ramah untuk dibaca bagi khlalayak umum.

Berikut beberapa syarat dan tahapan penting untuk mengubah KTI menjadi sebuah Buku populer.

Demikian penjelasan tahap pertama yang bisa penulis sampaikan, untuk materi selanjutnya penulis akan melanjutkan pembahasan terkait bagaimana caranya merubah struktur outline KTI menjadi stukrur outline buku ilmiah populer.

Kontributor

Scopus ID 57215717989


Referensi

– Istiqomah, Mengubah Laporan Penelitian Menjadi Buku Ilmiah, Disajikan dalam Webinar Mengubah Laporan KTI Menjadi Buku Ilmiah

– Berbagai sumber Internet lainnya 


Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram